Dosen Prodi Fisika FKIP USK gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Program Mandiri di Kota Sabang

JUANGPOS.COM (Banda Aceh) – Staf, Dosen dan Tendik dari Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP USK) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Mandiri (PKMPM) di Kota Sabang.

Kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan Covid 19 dan diikuti oleh 60 orang guru yang berasal dari sekolah tingkat SMP dan SMA se-Kota Sabang yang berlangsung selama tiga hari yakni, 14-16 Agustus 2021 yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Sabang dan SMP Negeri 2 Kota Sabang, di Desa Ie Meule, Kota Sabang.

Acara yang bertema “Optimalisasi media online dalam pembelajaran Fisika untuk SMA dan IPA ( Fisika, Kimia dan Biologi) untuk SMP, bertujuan untuk mendukung pembelajaran di era Pandemi Covid-19 yang umumnya dilaksanakan di kelas Luring. Manfaatnya adalah meningkatkan kesiapan SDM, khususnya untuk para guru yang masih relatif kurang menguasai aplikasi media pembelajaran online, sehingga pembejaran Daring menjadi lebih baik.

“Ini adalah bentuk implementasi kerjasama antara Jurusan Pendidikan Fisika bersama Program Studi Magister IPA USK dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMP dan SMA di Kota Sabang dengan target adalah guru yang mengasuh mata pelajaran Fisika di SMA dan IPA di SMP,” ungkap Ahmad Farhan.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai bentuk ajang berbagi ilmu dan ketrampilan dalam rangka mengoptimalisasi pembelajaran Daring Fisika dan IPA; Kedua, pembinaan profesionalisme para guru yang sebagian besar adalah alumni dari instintusi pelaksana; Ketiga, menjalin silaturrahmi yang baik secara berkelanjutan.

“Semoga ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru peserta pelatihan dalam menjalankan tugas nantinya di sekolah masing-masing,” harapnya.

Adapun, rincian pembahasan dalam kegiatan tersebut masing-masing : Pengembangan media pembelajaran Daring menggunkan e-Book Creator; Kedua, pembelajaran Daring berbasis Google Clasroom; Ketiga, aplikasi Google Form dalam pembelajaran; Keempat, implementasi lab. Virtual dalam pembelajaran Daring; Kelima, optimalisasi pembelajaran Daring dalam pembelajaran berbasis STEM; keenam, pembuatan soal-soal interaktif menggunkan Aplikasi Quizizz.

Diharapkan, untuk jangka menengah dan jangka panjang pembelajaran Fisika dan IPA secara Daring dapat berlangsung dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Sehingga pembelajaran di masa pandemi ini dapat berlangsung dengan baik.

“Semoga keterampilan yang didapatkan oleh para guru dapat dimanfaatkan dan diplikasikan dalam proses pembelajaran dimasa-masa pandemi COVID-19, sehingga dapat tercipta keragaman metode dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan,” harapnya.

Tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK dan didukung oleh staf dosen dan tendik antara lain Profesor Dr. Yusrizal, M.Pd, Dr. A. Halim, M.Si, Dr. Saminan, M.Pd, Dr. Zainuddin, M.Pd, Dr. Evendi, M.Pd, Dr. Soni Prayogi, S.Pd M. Si, Drs. Soewarno, M.Si, Dra. Elisa, M.Si, Drs. Ngadimin, M.Si, Drs, Agus Wahyuni, M.Pd, Dra. Susan, M.Pd, Drs. Abdul Hamid, M,Si, Drs. Ahmad Farhan, M.Si, Dra. Nurul Wati, M.Pd, Drs. Elmi Mahzum, M.IT, Susilawati, S,Pd, M.Ed, Fitria Herliana, S.Pd, M.Pd, Mawarni Saputri, S.Pd, M.Pd, Musdar, S.Pd, M.Pd, dan Samsul Rizal, S.Pd, M.Pd. (*)

Editor : Zulfikar

0 Reviews

Write a Review

redaksi

Read Previous

Operator SAKTI Kantah Nagan Raya Ikut Pelatihan EUT yang Dilaksanakan KPPN Meulaboh

Read Next

Hadiri Konferensi I PWI Nagan Raya, Kakan Pertanahan Harap Wartawan Bekerja Profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *