Detasemen AU Nagan Raya dan PT AirNav Indonesia Lakukan Sosialisasi di SMAN 3 Kuala

Juangpos.com

JUANGPOS.COM (Suka Makmue) – Komandan Detasemen TNI AU Nagan Raya Letda Kal Frando Pardede, SE di dampingi pimpinan PT AirNav Indonesia Syahrul Ramadhan Harahap lakukan sosialisasi di SMA Negeri 3 Kuala, Gampong Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (7/4/2021).

“Tujuan Kita lakukan sosialisi ini adalah sebagai bentuk untuk menggali Potensi-pontensi dirgantara generasi penerus bangsa,” ungkap Letda Kal Pardede.

Kata Pardede, Detasemen AU Nagan Raya adalah salahsatu Detasemen milik Pangkalan Udara Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) yang dipimpin Kol Pnb Henri Ahmad Badawi M.Han.

Adapun, Lanud SIM di bawah jajaran Koops AU I TNI Angkatan Udara.

“Detasemen Nagan Raya adalah satu-satunya perwakilan TNI Angkatan Udara yang berlokasi di Kabupaten Nagan Raya sehingga memiliki wilayah teroterial yang cukup luas sampai mencakup Meulaboh, Aceh Barat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Danden Detasemen AU Nagan Raya menjelaskan, bahwa tugas Detasemen Nagan Raya adalah mengacu pada Doktrin Swabuana paksa yakni, pertama melaksanakan tugas TNI Matra udara di bidang pertahanan. Kedua, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan Hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Ketiga, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan Matra udara.

Salah satu kegiatan untuk membangun kekuatan Matra udara adalah membangun minat minat Dirgantara dalam hal ini memberikan wawasan wawasan tentang TNI AU kepada generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, kata Dia, sebagai Komandan Detasemen Nagan Raya TNI AU di bawah Pangkalan Lanud SIM, Ia mengajak para generasi penerus bangsa, dalam hal ini SMA Negeri 3 Kuala untuk mengetahui wawasan tentang Matra udara serta menggali potensi Matra udara yang di miliki para generasi penerus bangsa di wilayah Nagan Raya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa masyarakat juga bagian dari Komcad atau Komponen Cadangan yang akan bertugas memperkuat kekuatan Pertahanan Indonesia.

“Dengan kegiatan ini, Kami sangat berharap semoga ke depan akan banyak lahir penerbang penerbang terbaik bangsa dan prajurit prajurit terbaik TNI AU yang lahir dari Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat,” harap Danden.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak seluruh unsur instansi, Pemkab Nagan Raya dan Aceh Barat untuk mendukung penuh dan bekerja sama dengan TNI AU dalam hal ini Detasement Nagan Raya TNI AU. Sehingga Detasemen dapat berkembang dan di kenal seluruh masyarakat sehingga Detasemen Naganraya mampu melaksanakan tugas tugas dengan optimal dan berhasil.

“Kami berkomitmen akan mendukung penuh program program pemerintah daerah dalam pembangunan daerah Nagan Raya maupun ekonomi dengan membangun teroterial Matra udara di wilayah Detasemen serta akan melakukan pembinaan potensi Dirgantara di wilayah tersebut,” tutupnya. (*)

Editor : Zulfikar

0 Reviews

Write a Review

redaksi

Read Previous

Ikawati Nagan Raya Serahkan Paket Ramadan Untuk Yatim Piatu

Read Next

Pengurus AWAI Periode 2021-2026 Dikukuhkan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *